Departemen KARET (KSE Enterpreneur Project)



Departemen KSE Enterpreneur Project ini adalah departemen yang berperan dalam mengembangkan keahlian berwirausaha para karya siswa Paguyuban KSE UNTIRTA dan juga berperan dalam menjalankan usaha untuk memberikan pemasukan kepada Paguyuban KSE UNTIRTA maupun kepada Departemen KARET.

Program Kerja Departeman KARET yaitu:
Utama:
1. Topi KSE Nusantara dan Gelang KSE Nusantara
2. Kantin Kaget
3. Jaket Safari
4. Buket dan Katering.
Insidental: Program Paguyuban Mandiri, Kongkow Enterpreneur


1. Topi KSE Nusantara dan Gelang KSE Nusantara
Tujuan:
• Memberikan pemasukan materil kepada Paguyuban KSE UNTIRTA dan Departemen KARET.
• Meningkatkan Eksistensi Paguyuban KSE UNTIRTA dalam ruang lingkup paguyuban.
• Memperkuat identitas diri sebagai bagian dari karyasiswa Yayasan Karya Salemba Empat.
Topi KSE Nusantara dan Gelang KSE Nusantara ini adalah kegiatan usaha yang memiliki jangka waktu panjang, berkelanjutan dan memiliki jangkauan pemasaran yang luas. Kegiatan usaha ini yaitu menjual topi dan gelang dengan desain khusus yang mencerminkan identitas Yayasan Karya Salemba Empat (penggunaan lambang Karya Salemba Empat). Sebutan Nusantara diambil karena jangkauan pasarnya adalah para semua beswan KSE di berbagai Universitas Negeri di Indonesia.



2. Kantin Kaget
Tujuan:
• Memberikan pemasukan kepada Paguyuban KSE Untirta dan Departemen KARET.
• Memberikan kesempatan kepada para karyasiswa dalam mengembangkan keahlian wirausaha.
• Memberikan pemasukan kepada para karyasiswa apabila hendak menjual hasil produksinya di kantin kaget paguyuban KSE UNTIRTA.
Kantin Kaget adalah kegiatan usaha membuka warung dadakan yang diadakan di Kampus A, Kampus B, dan Kampus C Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kantin kaget ini diadakan satu kali dalam seminggu di setiap hari Selasa. Kegiatan kantin kaget ini dimulai dari tanggal maret 2018, dan dijaga oleh beswan kse untirta sesuai jadwal yang telah dibuat. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk menambah pendapatan Paguyuban serta memberikan peluang bagi para karyasiswa untuk menjual beberapa hasil produksinya.


3. Jaket Safari
Tujuan:
• Memberikan pemasukan kepada Paguyuban KSE Untirta dan Departemen KARET
• Memberikan identitas diri dari Paguyuban KSE UNTIRTA
Pembuatan jaket safari paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bertujuan sebagai penguatan Identitas. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan di bidang sosial yang terjun langsung ke masyarakat. Jumlah karyasiswa Karya Salemba Empat di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang cukup banyak, menyadarkan kami akan pentingnya pakaian atau atribut khusus untuk mempermudah dalam mengenal identitas antar karyasiswa, mempermudah komunikasi, dan mempermudah koordinasi dalam berkegiatan. Selain itu jaket safari ini juga menambah nilai estetika juga menunjukan adanya kesamaan juga kesetaran sebagai sesama karyasiswa karya salemba empat tanpa memandang adanya perbedaan jurusan atau fakultas yang  ada. Jaket safari ini dibuat dari bahan American Drill, pembuatannya bekerjasama dengan konveksi milik karyasiswa Nurtiyah.




4. Buket dan Katering.
Tujuan:
• Memberikan pemasukan kepada Paguyuban KSE Untirta dan Departemen KARET.
• Menyediakan jasa dalam penyediaan snackbox ataupun buket untuk mahasiwa di UNTIRTA khususnya para karyasiwa dan Alumni Paguyuban KSE UNTIRTA
Rencana dari kegiatan usaha ini yaitu menjual katering makanan untuk para mahasiswa yang akan mengadakan seminar proposal ataupun sidang skripsi dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Makanan yang disediakan biasanya berupa kue dengan potongan kecil dan juga air mineral dalam kemasan gelas ataupun botol. Sedangkan kegiatan usaha buket bunga yaitu menjual cindera mata atau hadiah berupa buket bunga unik untuk para mahasiwa dalam acara wisuda.


5. Kongkow Enterpreneur
Tujuan:
• Memberikan masukan moril kepada para karyasiswa Paguyuban KSE UNTIRTA.
• Berbagi ilmu kewirausahaan kepada seluruh karyasiswa Paguyuban KSE UNTIRTA.
Kongkow Enterpreneur adalah sejenis kegiatan sharing session yang diadakan divisi Karet Project Paguyuban KSE UNTIRTA. Dalam sharing session ini divisi Karet Project akan mengundang pengusaha muda maupun karyasiswa yang telah mengikuti camp enterpreneur dan camp tecnopreneur untuk mengisi materi agar para peserta bisa terinspirasi dan mendapatkan ilmu tentang kewirausahaan.

Anggota Departemen:
1. Vira Mulya Chaniago (Pend. Bahasa Inggris) - Kepala Departemen 2019/2020
2. Karen Erlangga (Teknik Kimia)
3. Anggita Rizki Setiani (Pendidikan Biologi)
4. Salma Fajrina (Pendidikan Ipa)
5. Desti Sulistiani (Ilmu Hukum)
6. Ulfa Mutia (Agribisnis)
7. Nurul Fitri Hasanah (Akuntansi)
8. Veronica Angelia Maruhawa (Ilmu Hukum)
9. Nugraha Putra Pamungkas (Agroekoteknologi)
10. Santa Yolanda (Ekonomi Pembangunan)